Pelayanan Konseling Kristen Profesional
Dari Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia
Reformed Broadcasting Ministry
Reformed Broadcasting Ministry
Konseling Online
Pelayanan konseling gratis online tersedia bagi Anda!
Buku Konseling Pastoral
Telah terbit buku Konseling Pastoral

Jumlah Pengunjung

3690048
Today
Yesterday
This Month
284
1111
23738


Oleh: Esther Susabda, Ph.D.

Saya seorang wanita 24th (lajang), lulus pendidikan akutansi (D3), sudah bekerja dan anak bungsu dari empat bersaudara yang semuanya laki-laki. Ayah sudah meninggal sejak saya berusia 5th; ibu pekerja keras dan tidak ada waktu untuk memperhatikan kami. Sejak kecil, saya selalu bermain dengan kakak dan teman-temannya yang memang laki-laki semuanya, bahkan sampai sekarang saya masih berlatih karate dengan mereka. Seringkali orang menyebut saya tomboy. Saya juga suka rambut pendek, pakai jeans yang saya pinjam dari kakak atau celana pendek, sepatu boots . . . pokoknya apa saja yang praktis menurut saya. Meskipun demikian saya wanita sejati, Bu . . .

Saya ingin sekali punya pacar, dan nantinya membangun keluarga bahagia. Beberapa kali saya pernah dekat dengan pria, bahkan sempat juga berpacaran dua kali, tapi diputuskan begitu saja. Saya tidak tau salahnya dimana. Kata teman-teman, saya kurang feminin, Bu. Memang saya kurang suka bersolek, apalagi pakai bedak tebal dan lipstik, saya juga tidak suka memasak dan hal-hal kewanitaan yang lain. Saya pikir tanpa itupun, saya seorang wanita yang berjiwa lembut dan penyayang. Apakah memang saya harus mengganti identitas/jati diri saya ini Bu, supaya bisa menikah nantinya ?? Bukankah seorang harus menjadi dirinya sendiri?

Jawab:
Anda rupanya belum mengenali diri anda sendiri. Satu pihak anda menyadari kebutuhan anda untuk punya pacar, tapi dipihak lain anda tidak tau apa yang dapat anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda ingin menjadi apa adanya, sehingga anda kurang memahami nilai-nilai sosial yang bersangkut-paut dengan gaya hidup anda saat ini. Anda ingin dikenal sebagai seorang wanita sejati, tapi anda juga ingin mempertahankan “identitas semu” anda dengan menolak unsur-unsur kewanitaan yang selama ini belum sempat anda kembangkan. Tentu saja kewanitaan tidak bisa dibuktikan hanya dengan memakai rok, bersolek, memakai gelang, kalung ataupun anting, karena banyak pria yang sekarang juga memakai yang sama. Paling tidak coba anda hidupkan peran-peran wanita dalam dirimu.

Di samping itu anda juga harus memahami bahwa sebagai seorang wanita yang sudah menginjak dewasa, seharusnya anda sudah dapat beradaptasi ditengah lingkungan sosial anda dan berfungsi dengan baik sesuai dengan bakat yang anda miliki. Anda juga diharapkan untuk bisa memenuhi peran sebagai “wanita” yang wajar sebagaimana diharapkan oleh lingkungan, paling tidak bisa mengatur rumah tangga nantinya, yang sampai hari ini anda masih belum sukai.

Daftar Konselor

Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D.
Esther Susabda, Ph.D.
Dr. Ir. Asriningrum Utami
Lanny Pranata, M.Th.
Siska Tampenawas, M.Th.
Lucia Indrakusuma, M.A.
Esther Gunawan, M.Th.
Vivi Handoyo, M.Th.
Debby M. Soeseno, M.Th.
Suherni Santoso, M.A.
Yohanna P. Siahaan, M.Th.
Yonathan A. Goei, Ph.D.
Sandra Mayawati, M.Th.
Suzanna Sibuea, M.Th.
Dan lain-lain.

Konseling Online

Jadwal Konseling Online
Senin-Jumat
(Kecuali Hari Libur)
10.30-12.00 WIB dan 20.00-22.00 WIB

Tentang Kami

Kontak Info

STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)
Jl. Kemang Utara IX/10, Warung Buncit
Jakarta Selatan, 12760
(Peta lokasi bisa dilihat/diunduh di sini.)

Telp            : (021) 7982819, 7990357
Fax            : (021) 7987437
Email          : reformed@idola.net.id
Website      : www.reformedindonesia.ac.id
    www.konselingkristen.org
Bank          : CIMB Niaga (Cabang Kemang)
No. Acc.     : 800073329000 (Rp.)
                      253.02.00081.001 (USD)
A/n              : Yayasan Lembaga Reformed Indonesia